Minggu, 31 Oktober 2010

elearning Universitas Gunadarma

eLearning Center UG
E-Learning Center

Unit kerja khusus yang mempunyai wewenang dan tugas dalam pengembangan dan penerapan e-learning di Universitas Gunadarma. Cakupan tugasnya meliputi 
(1) Koordinasi pengembangan materi e-learning dengan unit terkait; 
(2) Pemeliharaan dan monitoring portal e-learning (termasuk staffsite&studentsite); 
(3) Pengembangan content management&SOP implementasi e-learning
(4) Diseminasi/pelatihan e-learning ke dosen dan mahasiswa; dan 
(5) Monitoring pemanfaatan e-learning oleh dosen dan mahasiswa.

Melalui sistem E-learning Universitas Gunadarma ini para dosen dapat mengelola materi perkuliahan secara on-line, yakni: menyusun SAP, meng-upload materi perkuliahan, memberikan tugas kepada mahasiswa, menerima pekerjaan mahasiswa, membuat tes/quiz, memberikan nilai, memonitor keaktivan mahasiswa, mengolah nilai mahasiswa, berkomunikasi dengan mahasiswa melalui forum diskusi dan chat, dll. 
Mahasiswa dapat mengakses informasi dan materi pembelajaran, berinteraksi dengan sesama mahasiswa dan dosen, melakukan transaksi tugas-tugas perkuliahan, mengerjakan tes/quiz, melihat pencapaian hasil belajar, dll.

Para dosen yang ingin mengampu suatu mata kuliah harap mengerjakan dua hal berikut: 
(1) mendaftarkan diri langsung lewat link pendaftaran ini, dan 
(2) menghubungi admin [untuk memberitahukan mata kuliah apa yang akan di-elearning-kan]. Admin dapat dihubungi lewat email:admin [at]elearning[dot]gunadarma [dot]com Dua langkah ini dapat dilakukan bersamaan. Untuk menjadi dosen di elearning ini, mohon gunakan email @gunadarma.ac.id Anda, baik saat mengisi formulir pendaftaran online maupun saat mengontak Admin. Bila Anda belum memiliki akun email di @gunadarma.ac.id, silahkan mendaftar gratis di Gunadarma. 

Pemakai yang memakai email gratisan seperti yahoo mail, dsb., konfirmasi email kalau tidak ada di Inbox, biasanya menyasar/masuk ke folder masal (bulk). Silahkan cek di sana.

Mohon calon pemakai (khususnya mahasiswa) yang belum mempunyai alamat email atau yang sudah mempunyai alamat email tapi tidak dapat membuka email tersebut karena lupa user name atau password tidak usah mendaftar ke sistem e-learning ini dulu. Silahkan Anda mengusahakan dulu untuk mendapatkan email yang bisa Anda akses.


Tentang lupa user name (nama pengguna)
Bagaimana kalau kita lupa user name? Ternyata user name kita ada di email konfirmasi saat kita pertama kali mendaftar ke elearning ini. Jadi, kalau kita belum menghapus email itu, kita masih bisa melacak kembali user name (nama pengguna) kita. Jadi, sebaiknya email konfirmasi jangan Anda hapus kalau Anda biasa lupa user name.
Di sini nanti Anda akan dimintai Nama pengguna (User name) dan alamat email Anda. Silahkan Anda isi Nama pengguna (harus sama persis dengan saat Anda dulu mendaftar elearning) dan alamat email (harus alamat email yang dulu pernah Anda pakai untuk mendaftar elearning). Setelah Anda mengirim informasi ini, beberapa saat kemudian Anda akan mendapatkan surat balasan via email. Kalau di inbox tidak ada, silahkan cek surat itu di folder-folder lain (bulk, massal, atau nama sejenis). Bukalah surat itu dan lakukan langkah seperti yang diterangkan di surat balasan itu. 

Tapi bagaimana kalau Anda lupa Nama pengguna Anda? Wah, kalau Anda sampai lupa dengan yang satu ini, ya, salah satu jalan adalah dengan mendaftar lagi ke elearning dengan memakai alamat email baru. 

Kesimpulan: Jangan sekali-kali Anda lupakan "Nama pengguna" dan alamat email Anda untuk elearning ini. Soalnya kedua informasi itu akan berguna untuk memperoleh password baru di elearning ini

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar